Asyik.... Virtual Reality Nantinya Bisa Disaksikan Ramai-ramai


Teknologi virtual reality memang menyenangkan. Teknologi canggih itu akan membuat pengguna merasakan pengalaman imersif alias seolah tak bisa membedakan antara kenyataan dan khayalan. Hanya saja, teknologi ini baru bisa dirasakan oleh satu orang saja. Lantas, bagaimana jika ingin dirasakan secara beramai-ramai?

Sejatinya hanya si pengguna headset virtual reality saja yang dapat merasakan sensasi tersebut. Pun pengguna merasa heboh dengan headset itu, namun orang lain hanya bisa terbengong melihat tingkah laku pengguna yang heboh sendiri.

Paham akan hal itu, startup bernama Catopsys akhirnya merancang perangkat virtual reality, dimana memungkinkan banyak orang untuk merasakan pengalaman virtual reality, tak hanya satu melainkan beramai-ramai. 

Perangkat yang diberi nama Immersis ini baru saja diluncurkan proyek pendanaannya di situs crowdfunding, Kickstarter.

Dikutip detikINET dari The Verge, Senin (16/2/2015), perusahaan menyebut jika Immersis merupakan suatu teknologi inovatif yang dapat mengubah aspek sosial dari virtual reality. 

Immersis ini sendiri tak ubahnya dengan proyektor, dimana Wired mengatakan jika bentuk dari Immersis ini mirip dengan ikon studio animasi Pixar, yakni Pixar Lamp.



Karena bentuknya yang mirip dengan lampu berjalan Pixar itu, maka Immersis dikatakan dapat diubah ke dalam beberapa mode, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Untuk penggunaannya sendiri, Immersis ini dapat terhubung dengan komputer dan menembakkan berbagai macam konten dalam 180 derajat.

Selain itu, perusahaan menyebut jika teknologi miliknya dapat menyelaraskan suatu gambar untuk kemudian disesuaikan ukuran dan bentuknya dengan kondisi berbagai macam ruangan. Namun untuk dapat menghasilkan gambar yang sempurna, pertama-tama pengguna Immersis harus membuat 3D model dari ruangan yang akan dipakainya.

Perusahaan mengatakan jika Immersis ini tak hanya cocok digunakan untuk menonton film, tapi juga dapat digunakan untuk bermain game. Ketika detikINET mencoba untuk membuka situs Kickstarter-nya, Immersis sudah berhasil mengumpulkan dana sebesar USD 103.074 dari gol yang diharapkan, USD 100.000.

Sumber: Detik.com
By:
Ray Dwiko
Folow:
www.facebook.com/ray.dwiko.7
www.youtube.com/channel/UCPxakcMVG2HSrJtPOMZgVOQ
http://instagram.com/ray_dwiko
twitter.com/RayKhou_NaiZers


Post a Comment

 
Copyright © 2013. Koran Jawa Timur - All Rights Reserved