Pesawat Korea dan Kapal Malaysia Bahu-membahu Evakuasi Satu Jenazah


Jakarta - Kapal Malaysia KD Kasturi menyerahkan mayat untuk diangkut helikopter ke Bandar Udara Iskandar, Pangkalan Bun. Jenazah tersebut ditemukan dari pantauan pesawat Orion P-3CK milik Angkatan Laut Korea Selatan.‎

"Tadi ketemu satu jenazah di lokasi pencarian, kemudian kami kasih asap suar. Jenazah tersebut disisir oleh kapal Malaysia," kata pendamping pihak TNI AU untuk pihak Korea Selatan, Mayor Penerbang Trinanda, di Posko Pencarian Pesawat AirAsia QZ8501 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (6/1/2014).

Awalnya, pesawat Orion Korea Selatan memantau objek yang tak terlalu jelas. Semakin didekati, ternyata objek itu adalah jasad manusia dengan tangan telentang.

"Setelah kita memastikan itu mayat, kita informasikan ke kapal yang berada terdekat dari objek, yakni kapal malaysia," tutur Trinanda.

Orion memantau permukaan laut dari ketinggian 300 feet atau sekitar 100 meter dengan kecepatan 180 knot. Cuaca di ketinggian itu tergolong cerah tanpa gangguan berarti.

"‎Hanya saja di daerah sasaran tadi cukup penuh pergerakan kapal. Ada juga pergerakan yang membawa Panglima TNI ke USS Sampson sama KRI Banda Aceh,"‎ tutur Trinanda.

Sumber:Detik.com
By Yufita

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Koran Jawa Timur - All Rights Reserved